Tentang SIT Al-Biruni

Posted by: Vini Vidi Vici / Category:


Sekolah dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Biruni Makassar adalah sekolah yang menerapkan sistem terpadu antara kurikulum Depdiknas dengan Depag dalam program Full Days School; yang memadukan potensi tiga penanggung jawab pendidikan (sekolah, orang tua dan masyarakat) secara proaktif dan efektif dalam bingkai kooperatif. Selain itu, SDIT Al-Biruni mengintegrasikan kekayaan nilai-nilai islami dalam setiap sesi pembelajaran dan perkembangan anak didik yang diramu dalam muatan-muatan pendidikan indoor dan outdoor. SDIT Al-Biruni berdiri sejak tahun 2002 di bawah naungan Yayasan Al-Biruni Mandiri. Al-Biruni adalah nama seorang sarjana muslim yang banyak mempelajari disiplin ilmu seperti matematika, fisika, ilmu falak, kedokteran, ilmu-ilmu bahasa, geologi, geografi dan juga filsafat.

Untuk menggali berbagai cabang ilmu itu ia menguasai beberapa bahasa anatara lain bahasa Khawarizmi sebagai bahasa ibunya, menguasai dengan baik bahasa Arab dan Persia, juga Sangsekerta, Yunani, Ibrani dan Suryani. Beliau banyak menulis buku tentang disiplin ilmu tersebut.
Al-Biruni, Abul rayhan (Khawarizmi, Turkmenistan, Zulhijjah 362/September 973 – Ghazna, 3 Rajab 448/13 Desember 1048) sarjana muslim yang terkemuka pada masanya. Ia hidup semasa Ibnu Sina - seorang filsuf besar dan ahli kedokteran - dan terjalin hubungan korespondensi diantara dua ilmuan besar ini. Al-Biruni dikenal berpikiran jernih dan mantap serta selalu mencari kebenaran dengan tulus dan berani. Dengan semangat inilah sekolah ini dibangun dengan harapan mampu membentuk Al Biruni Al Biruni kecil di abad 21.


0 komentar:

Posting Komentar